RSS

Tas Ransel Sesuai Model, Kegunaan dan Kesehatan

11 Agu

Tas ransel hampir disukai oleh semua kalangan dan umur. Selain karena modelnya yang beragam, kegunaannya termasuk multi fungsi. Apalagi dewasa ini ransel tidak lagi milik khusus kaum pria saja. Wanita pun mulai menggandrunginya. Belum lagi anak-anak sekolah yang paling suka memakai tas ransel. Karena semua buku-buku pelajaran ditambah alat tulis, atau laptop sekalipun bisa muat di dalamnya.

Sayangnya ada penelitian yang justru menganggap tas ransel menyebabkan gangguan nyeri. Tetapi ada penelitian lagi yang mengatakan tas ransel baik untuk pertumbuhan tulang leher dan tulang belakang agar tubuh dapat lebih tegap. Hal ini tentu saja kembali pada bagaimana pemakaian yang tepat untuk tas ransel tersebut. Artinya tas ransel harus digunakan pada kedua bahu secara seimbang. Tetapi perhatikan juga lama pemakaian, jangan terus sepanjang hari ransel dipakai terus menerus. Tentu saja pasti nyeri. Oleh karenanya pemilihan dan pemakaian tas ransel harus sesuai baik untuk penggunaan dan sesuai juga dengan umur. Jadi, memilih tas untuk anak tidak sesederhana yang dikira. Pemilihannya harus cermat dan memerhatikan berbagai aspek, baik kenyamanan, kekuatan, keamanan, dan yang tak kalah penting, kesehatan.
Dibawah ini ada beberapa tips untuk memilih tas ransel yang baik.

CARI UKURAN YANG TEPAT
Sesuaikan tas yang akan dibeli dengan postur tubuh pemakai. Tidak terlalu besar atau kecil. Ukuran yang terlalu besar akan membuat tas kedodoran, demikian juga jika kelewat kecil yang membuat ketidaknyamanan dan mengurangi penampilan.

PENTINGNYA BANTALAN
Beban yang banyak dan berat pada ransel berpotensi menyebabkan pegal dan nyeri. Keberadaan bantalan akan mengurangi tekananan akibat volume tas yang berlebih. Itulah mengapa cari tas dengan tali bahu, tali pinggang, juga bagian belakang yang dilengkapi dengan bantalan empuk. Rasa pegal dan nyeri akan terhindarkan.

BANYAK RUANG DAN SAKU
Tas diharap mampu menampung banyak barang. Itulah mengapa, pilih tas yang memiliki banyak saku, kantong atau bagian yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh berbagai macam barang. Ada kantong untuk menaruh pulpen, telepon genggam, alat tulis, boks bekal sekolah, dan lain-lain. Selain membuat distribusi barang di tas lebih merata, banyaknya kantong juga memudahkan anak dalam mencari benda yang disimpannya.

TALI BUKAN SEKADAR AKSESORI
Hindari memilih tas dengan satu tali. Jika barang yang dibawa sedikit mungkin tidak masalah, tapi bagaimana jika harus membawa banyak buku, bisa dipastikan beban tas akan tertumpu pada satu bagian bahu saja. Mulanya mungkin anak tidak merasakan apa-apa, tapi lama-lama akan merasakan nyeri dan pegal pada bagian bahu tersebut. Pilih tas dengan dua tali.

POSISI TAS ADA DI ATAS PINGGANG
Ukuran tas sebaiknya tidak lebih lebar dari bahu anak. Bagian terbawah tas juga diusahakan tepat di pinggang, dengan demikian anak dapat merapatkan tali pinggang dengan pas. Tas juga idealnya menempel pada bagian punggung dan pinggang. Hindari memakai tas hingga kedodoran yang membuat beban punggung berlebih.

BAHAN KUAT
Carilah tas dari bahan dan jahitan yang kuat. Dengan demikian, tas tersebut cukup tangguh membawa banyak barang. Sebagai pilihan, ada baiknya memilih tas anti air. Namun, meski bahan tas sudah anti air, namun air tetap dapat masuk lewat sela-sela jahitan pada tas. Karena itu, alangkah lebih baik jika tas memiliki cover dari parasut, sehingga saat hujan isi tas akan aman karena dilindungi dan dibungkus cover anti air tersebut.

ISI SEPERLUNYA
Memang, ransel dapat memuat banyak barang. Namun, itu tidak berarti anda bisa mengisi tasnya sampai penuh. Bawalah perlengkapan seperlunya saja.

Khusus untuk anak (tetapi juga bisa diterapkan untuk orang dewasa): Asosiasi dokter anak di Amerika merekomendasikan, beban yang dapat dibawa anak pada ransel hendaknya tidak melebihi 10-20% berat badannya. Jika berat badan anak hanya 25 kg, maka yang dapat dibawa hanya 2,5 hingga 5 kilo saja.

Jika berlebih dan digunakan dalam waktu lama, selain berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, tas ini berisiko menyebabkan kelainan punggung kronis dan kelainan yang berhubungan dengan tulang belakang.

Nah mudah-mudahan, dengan kriteria ini orangtua dapat membantu anak memilih tas yang sehat serta untuk orang dewasa dalam memilih tas yang sesuai. (Wawancara dengan Djukardi “Bongkeng” Adriana dari EIGER Indonesia).

Sumber : tabloid-nakita.com

http://gudang-cerpen.blogspot.com/2011/07/ransel-tepat-untuk-tubuh-sehat.html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 11, 2011 in Selamat Datang :)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: